Tuesday, September 1, 2015

6 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

6 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

6 Tips Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris


1. Bayangkan jika kita bisa berbicara bahasa inggris secara otomati tanpa berpikir. Kata-kata keluar dari mulut kita dengan mudah lancar dan cepat. Kita dapat memahami dengan cepat.
Untuk dapat melakukan ini kita harus mengubah cara belajar bahasa inggris. 

Langkah pertama yaitu berhenti belajar menghafal kata dalam bahasa inggris. Jangan mengingat kata. Native speakers tidak belajar inggris dengan mengingat single words. Mereka belajar frase.
Frase adalah kumpulan kata/ groups of words yang saling berkaitan tapi tidak engandung unsur subject dan verb. Ketika menemukan kata baru, selalu tulis dalam bentuk frase. Stop studying english words

2. Jangan fokus mempelajari grammar
Kenapa ? karena aturan-aturan dalam grammar mengajari kita untuk berpikir tentang bahasa inggris. Bukankah tujuan bahasa adalah untuk berbicara secara otomatis tanpa berpikir.

3. Banyak mendengarkan bahasa inggris entah lagu, percakapan dll
Cara ini adalah langkah yang paling penting. Kita harus mendengar untuk dapat memahami bahasa inggris. Kita harus mendengarkan stiap hari. Jangan belajar secara textbook. Berhenti belajar reading textbook. Start listening everyday.

Learn with your ears, not your eyes
Ungkapan ini menurut saya sangat tepat belajar menggunakan telinga bukan mata. Karna kata-kata dalam bahasa inggris antara tulisan dengan pengucapan banyak yang berbeda. Kebanyak disekolah kita belajar menggunakan mata, belajar secara textbook, belajar aturan2 grammar. Pada saat kita mempraktekanya kita akan mengalami kesulitan.

4. Santai , Belajar secara mendalam
Belajar secar cepat dan dangkal membuat kita cepat lupa kata-kata yang dipelajari. Sehingga kita  sehingga kita tidak bisa menggunakanya. Rahasia berbicara secara mudah adalah belajar stiap kata dan frase secara mendalam. Kita harus menaruh kata didalam otak kita sehingga tidak mudah lupa. Untuk dapat berbicara bahasa inggris kita harus mengulang setiap latihan berkali-kali. We must lern english slow and deeply.

5. Kita harus belajar real english
Disekolah dari SD sampai Perguruan tinggi kita hanya belajar bahasa inggris secara textbook tapi tidal pernah belajar real english.

Bagaiman untuk memahami native speakers ?  
Mereka berbicara secara pronunciation jelas berbeda dari textbook. Mereka menggunakan idioms(corak khas suara), slang dan casual frase.
Untuk belajar real english kita harus mendengar apa yang native speaker dengar, kita harus melihar apa yang mereka lihat, kita harus membaca apa yang mereka baca.

Bagaimana untuk belajar real english ?
Berhenti menggunakan textbook. Ganti dengan melihat dan mendengar flm bahasa inggris, TV shows, audio books, audio articles, stories, talk radio show, real magazines dan lagu.
Untuk mndapatkan bahan2 tersebut kita bisa mencari diinternet J googling aja.

6. Praktekan langsung dalam percakapan sehari hari
Gunakan metode listen and answer, anda bisa berlatih berkomunikasi dalam kegiatan sehari. Jangan malu untuk memperaktekanya. Dengan latian yang kontinyu akan memabuat anda mahir berbicara bahasa ingris secara otomatis.

ARTIKEL TERKAITNYA :


1 comment:

“Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar”